Training Analisis Jabatan

0
302
training analisis jabatan

Training Analisis Jabatan – Pekerja atau karyawan yang memiliki produktivitas dan loyalitas yang tinggi terhadap organisasi merupakan dambaan setiap organisasi. Produktivitas dan loyalitas yang tinggi sangat dipengaruhi oleh jabatan seorang karyawan. Salah satu titik kritis dan strategis adalah analisis jabatan. Merumuskan jabatan secara akurat adalah salah satu unsur penting dalam pengembangan organisasi di suatu organisasi.  Makna jabatan bagi suatu organisasi perlu ditentukan untuk melihat keterkaitannya dengan lingkup kerja, bobot kerja, kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat berkinerja secara optimal di dalam suatu jabatan.

Filosofi yang ada di belakang penilaian jabatan di suatu orgasnisasi akan sangat menentukan format jabatan seperti apa yang akan digunakan.  Penilaian jabatan menjadi faktor yang dapat membantu organisasi dalam menentukan sistem ke-HRD an terutama sistem pengupahan yang akan diterapkan. Sistem penilaian bobot kerja dapat memberikan justifikasi yang adil pada saat memberikan penghargaan berupa gaji dan fasilitas bagi karyawan. Pelatihan ini akan dimulai dengan pembahasan konsep mengenai jabatan dan kaitannya dengan desain organisasi, sebelum masuk pada salah satu fungsi Analisis Jabatan, yaitu untuk pemberian bobot dan pengembangan sistem grading dan kompensasi.

Karena demikian strategisnya analisis jabatan, maka diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang memberikan pemahaman kepada para praktisi HR atau OD yang akan membantu mereka dalam menganalisis jabatan secara komprehensif, tahap demi tahap, mulai dari persiapan sampai penyusunan job grading & salary structure sehingga layak untuk konsumsi user department.

 

TUJUAN DAN MANFAAT TRAINING ANALISIS JABATAN

Pelatihan ini akan membahas mengenai Analisis Jabatan yang diselenggarakan selama 2 hari. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta pelatihan mampu menjadi HRD atau OD yang baik, sehingga bisa melakukan analisis jabatan di organiasi dengan baik. Dengan adanya analisis jabatan maka pemberian bobot dan pengembangan sistem grading dan kompensasi akan sesuai dengan azas internal equity. Manfaat training Analisa Jabatan ini adalah :

  1. Mempunyai pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep Analisis Jabatan
  2. Mampu melakukan Analisis Jabatan
  3. Mampu mengembangkan sistem Analisis Jabatan yang baik di organisasi
  4. Dapat menilai bobot kerja dari jabatan yang ada dalam organisasi
  5. Dapat menjadi dasar dalam pembuatan sistem penggolongan dan jabatan
  6. Dapat menjadi dasar dalam penilaian sistem remunerasi

 

Metode pelatihan TRAINING ANALISIS JABATAN :

  • Penyampaian materi dilakukan melalui pendekatan Neuro Linguistic Programmingagar efektif.
  • Penyampaian diberikan dengan Experiential Method, sehingga benar benar merupakan hologram kondisi yang sesuai dengan lingkungan kerja di organisasi.
  • Penyampaian materi menggunakan akses Visual, Auditory, dan Kinestethic peserta baik secara multimedia maupun manual learning.
  • Penyampaian materi disampaikan dengan fokus implementasi dan bukan wacana serta bukan sekedar insight belaka.

Aryasentra Training Center siap membantu organisasi dalam konsultasi dan training terkait dengan Analisis Jabatan ini, tenaga konsultan kami dalam bidang HR manajemen ini memiliki segudang pengalaman dan juga merupakan Asesor Kompetensi LSP IKI – BNSP serta juga merupakan Trainer dan Konsultan yang terdaftar sebagai Master Trainer yang bersertifikasi BNSP dan sudah banyak membantu organisasi terkait dengan HR Manajemen.

Untuk informasi TRAINING ANALISIS JABATAN, silahkan hubungi :

Aryasentra Training Center ( Aryasentra Consulting Group )

Telp. 021-2930 5166, HP. 0812 9311 1959

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here